Blogger templates

Pages

Senin, 04 Februari 2013

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DATABASE


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DATABASE
  

Di zaman sekarang ini perkembangan teknologi sangatlah banyak. Salah satunya adalah perkembangan teknologi database. Tekhnologi database adalah sekumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematis sehingga dapat diperiksa menggunakan program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Database adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah sistem informasi, yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan dan mengorganisasikan seluruh data yang ada dalam sistem untuk menghasilkan informasi-informasi tertentu secara cepat, akurat dan bermanfaat. Istilah database berawal dari komputer. Dimana database mempunyai konsep dasar yaitu kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan-potongan dari pengetahuan database pertama yang tersimpan di komputer mainframe besar terpusat yang diakses pengguna dari terminal. Sebagai komputasi terdistribusi dan mikrokomputer menjadi populer pada 1980-an, dua tahun jenis database muncul, yaitu database pribadi database server / klien. 
 Salah satu contoh teknologi database saat ini adalah dimana seorang design web dapat membuat web yang menarik karena sudah ada teknologi database generasi baru yang disebut oracle. Dengan oracle inilah para designer web bisa membuat webnya dengan penuh kreasi & keunikan.
Gambar beberapa teknologi database
Teknologi database terus mengalami perkembangan sejalan dengan penelitian para ahli. Ada beberapa teknologi database seperti:
1.      Hierarchical Database
Menggambarkan kumpulan record yang dihubungkan satu sama lain melalui hubungan berdasarkan pointer yang membentuk struktur pohon.
2.      Network database
Merupakan database yang terdiri atas kumpulan record yang dihubungkan melalui pointer yang membentuk relasi antar record dalam bentuk ring. Model ini mempunyai banyak kelemahan, yaitu tidak memungkinkan banyak relasi. Fleksibelitas dalam menambah atau menyisipkan record sangat rendah dan kompleks.
3.      Relational database
Pada model ini data terorganisir dengan baik dan rapi sehingga dapat dengan mudah dimanipulasi untuk menghasilkan suatu informasi.
4.      Object oriented dan multimedia database (OOD)
OOD merupakan tanggapan terhadap perkembangan teknik pemograman berorientasi objek yang menekankan kepada objek, atribut dan metode. Dalam beberapa hal OOD sangat berbeda dengan sistem database sebelumnya, bahkan juga sudah mulai dikembangkan perpaduan OOD dengan relational database.
5.      Web database
Merupakan tempat penyimpanan database atau informasi yang secara dinamis berinteraksi dengan halaman web.
6.      Data warehouse
Merupakan database dengan peralatan pembuatan laporan dan query yang menyimpan data kini dan data history yang dipadukan dari berbagai sistem operasional.
SOFTWARE PENDUKUNG DATABASE
1.      MICROSOFT ACCESS
Adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditunjukkan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine.
2.      Microsoft SQL
Adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft.
3.      Oracle
Adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS.
4.      MYSQL
Adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi diseluruh dunia.
5.      Postgre SQL
Merupakan tool untuk membuat database server yang bersifat open source yang memiliki license GPL(general-public-license).
6.      firebird
adalah sistem manajemen basis data relasional yng menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI-SQL-99 & SQL-2003.
Sumber:
http://mc-miftahudin.blogspot.com/2012/09/teknologi-database.html

1 komentar: